05 Januari 2008

MILIKI TUJUAN YANG BENAR DI DALAM MERAYAKAN NATAL

Ringkasan Khotbah, Minggu, 16 Desember 2007
“MILIKI TUJUAN YANG BENAR DI DALAM MERAYAKAN NATAL”
Ayat Pokok : Matius 2 : 2
Oleh : Bpk. Pdt. R. Tim. Kastanya

Didalam injil Matius pasal yang ke 2 : 2 yang baru saja kita baca kita melihat ada kata “kami datang untuk menyembah Dia”. Kalau kita memperhatikan dalam ayat tersebut ada orang-orang Majus yang mempunyai niat yang benar yaitu mereka mencari Yesus hanya untuk menyembah Dia. Pada waktu mereka mencari Yesus, mereka datang dari negeri yang jauh. Hal ini bukanlah suatu hal yang mudah, mereka tidak langsung mendapatkanNya, artinya sebelumnya mereka bertanya-tanya terlebih dahulu di setiap tempat yang mereka lalui. Ada target yang mereka tetapkan yaitu bahwa mereka harus dapatkan Yesus. Terkadang juga mereka rasakan kelelahan dalam mereka mencari berita akan kelahiran Yesus. Tetapi mereka tidak putus asa karena mereka memiliki niat bahwa mereka harus dapatkan Yesus yang akan lahir pada saat itu

Dan usaha yang dilakukan oleh orang-orang Majus ini dengan bertanya kepada setiap orang mengundang kemarahan raja Herodes. Tetapi mereka tetap berjalan terus dalam perjuangan mereka mencari Yesus meskipun ada tantangan yang menghadang mereka pada saat itu. Ada kegelisahan dan perasaan gusar yang menyelimuti Herodes pada waktu orang-orang Majus mencari tahu akan berita kelahiran Yesus ini.

Akibatnya Herodes berusaha untuk menyelidiki berita tentang lahirnya Mesias tersebut. Didalam injil Matius 2 : 16 disini kita bisa melihat bahwa hati Herodes menjadi tidak beres sehingga akal liciknya muncul. Herodes mempunyai niat yang tidak baik dan tidak tulus berusaha mendapatkan Yesus hanya dengan tujuan yang tidak baik.

Bila kita melihat didalam gereja pada saat ini juga ada dua golongan yaitu orang-orang yang tidak mempunyai niat yang murni dalam mencari Yesus seperti Herodes dan ada juga yang murni dalam mencari Yesus seperti orang-orang Majus ini. Sebab itu dalam kita beribadah kita harus mempunyai motivasi yang benar dalam mencari Tuhan yaitu hanya untuk menyembah Dia. Kita harus mempunyai tekad yang kuat dalam mencari Yesus, meskipun banyak halangan yang kita hadapi. Sebab itu kita harus mempunyai tujuan yang benar dan kuat yaitu hanya untuk menyembah Yesus. Begitu pula halnya dengan merayakan Natal harus disertai dengan tujuan yang jelas dan benar. Target yang harus dicapai seperti orang-orang Majus yang mencari Yesus, yaitu kita harus mendapatkan Yesus. Ada perjuangan yang ulet didalam kita mencari Yesus meskipun terkadang mengundang marah dari berbagai pihak didalam perjuangan kita mencari Yesus. Dan bila ada motivasi dan tujuan yang mantap ini maka dapat mengalahkan perkara-perkara yang berat, salah satunya perasaan marah.

Ada berkat-berkat yang luar biasa yang Allah sediakan bagi kita bila kita mencari Yesus hanya untuk menyembah Dia. Meskipun perjalanan itu melelahkan dan terasa berat dalam upaya kita mencari dan menyembah Tuhan Yesus, jangan sampai kita patah semangat dalam kita mencari Tuhan Yesus. Kita akan mendapatkan respon yang mantap dari Tuhan, yaitu ada sukacita yang Allah sediakan bagi kita dan sukacita inilah yang menjadi modal dalam pengiringan kita kepada Tuhan. Sukacita inilah yang mengalahkan penghalang-penghalang yang berat dalam kita melayani Tuhan. Ada kepuasan dan kesenangan yang tak terkatakan ketika kita berjumpa dengan Yesus, yaitu Raja diatas segala raja.

Yang harus kita pertahankan adalah kita harus mempunyai tujuan yang mantap dalam kita mencari Yesus. Dari orang Majus kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga, yaitu: sejelas tujuan orang Majuskah dalam kita mencari Yesus?

Kita harus mempunyai tujuan yang benar yaitu hanya untuk menyembah Tuhan, seperti orang-orang Majus ini, bukan seperti raja Herodes yang mencari Yesus tidak dengan motivasi yang benar yaitu hanya untuk membunuh Yesus.

Allah menolong orang-orang Majus dengan membelokkan jalan mereka sehingga mereka tidak bertemu dengan Herodes pada saat itu. Herodes menjadi marah, kesal, dan kecewa karena apa yang dia inginkan tidak dia dapatkan karena Herodes tidak memiliki tujuan yang benar.

Biarlah Natal tahun ini khususnya bagi Jemaat GPdI Tiberias Bogor adalah hanya untuk menyembah Yesus. Dan Mari kita bagikan sukacita Natal ini kepada setiap orang yang harus mendapatkanNya. Halleluya.

Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua, AMIN!

Tidak ada komentar: