16 Desember 2007

SESUATU YANG TIDAK PERNAH DI DUGA TERJADI SAAT NATAL

Warta Jemaat – Edisi 48/2007 GPdI Tiberias Bogor
Minggu, 16 Desember 2007

Ringkasan Khotbah Minggu, 9 Desember 2007
”SESUATU YANG TIDAK PERNAH DI DUGA TERJADI SAAT NATAL”
Ayat pokok : 1 Korintus 2 : 9
Oleh : Bpk. Pdt. Victor Sumlang

Tujuan dari kita membaca ayat pokok di atas adalah supaya kita percaya dan mengalaminya bahwa firman Tuhan dalam ayat tersebut adalah hidup. Hal-hal yang tidak pernah direncanakan oleh kita, justru itu yang Tuhan siapkan bagi kita dan Tuhan mau kita mengalaminya.

Natal bukan sesuatu yang tiba-tiba tetapi sesuatu yang Tuhan rencanakan dari sejak awal. Kejadian 2 : 15 merupakan rancangan Natal pertama kali di mulai dalam Alkitab. Hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan dan rencanakan itu, Tuhan sanggup adakan untuk kita. Di dalam Lukas 2 : 8 - 20 ada beberapa hal yang Tuhan nyatakan kepada kita:

1. Para gembala sibuk menjaga kawanan ternak di padang. Tiba-tiba kepada mereka, Tuhan nyatakan pengalaman yang luar biasa dan untuk pertama kalinya Tuhan nyatakan soal kelahiran Sang Juru Selamat. (Lukas 2 : 8 - 11)

Ketika mereka setia, Tuhan memakai mereka. Ketika kita tetap berada didalam tugas-tugas kita, disitulah kita sedang memberikan peluang kepada Tuhan untuk Tuhan buat sesuatu bagi kita.

Arti dari Lukas 2 : 8 yaitu, bahwa Tuhan perhatikan setiap lintasan generasi. Tuhan inginkan bahwa setiap generasi mengalami pengalaman yang luar biasa dengan Tuhan. Begitu juga dengan para gembala pada saat itu dalam Lukas 2 : 8, Tuhan inginkan mereka alami pengalaman yang luar biasa denganNya. Bila Tuhan perhatikan keturunan manusia secara biologis, Tuhan juga perhatikan akan keadaan kerohanian mereka.

2. Jangan memiliki kehidupan seperti engsel pintu.

Didalam Lukas 2 : 8, para gembala melaksanakan tugas mereka setiap hari seperti engsel (hal-hal yang biasa mereka lakukan), namun ditengah-tengah rutinitas mereka, Tuhan melakukan suatu hal yang luar biasa.

Jangan jadikan Natal sebagai suatu kebiasaan saja tetapi mintalah supaya Tuhan basahi kita dengan Roh kudusNya.

3. Didalam Lukas 2 : 9, 13, dan 15 terdapat kata ”malaikat”.

Saat itu, malaikat tampil kepada para gembala disaat mereka sedang letih. Malaikat datang dan memberikan pesan yang indah kepada para gembala. Biarlah kita selalu dapat tampil seperti malaikat yang selalu dapat menyampaikan Firman Tuhan khususnya kepada mereka yang lelah dan letih.

4. Didalam Lukas 2 : 9 terdapat kata ”tiba-tiba”.

Tuhan siap laksanakan hal yang tiba-tiba kepada kita. Dan kita harus merindukan hal yang positif terjadi dalam hidup kita secara tiba-tiba. Beberapa contoh dalam Alkitab yang terjadi secara tiba-tiba yaitu:

Musa yang secara tiba-tiba melihat nyala api yang keluar dari semak belukar ketika ia sedang bekerja dipadang gembalaannya. Kemudian ayub yang secara tiba-tiba mendengar berita yang negatif bahwa seluruh harta benda dan keluarganya telah hilang dan meninggal. Kita harus selalu dapat menyiapkan diri kita untuk hal-hal yang positif dan negatif.

5. Lukas 2 : 15 menjelaskan bahwa Tuhan tidak inginkan para gembala hanya tinggal dan bertahan di Efrata tetapi Tuhan inginkan mereka juga alami hal yang indah di Betlehem.

Betlehem artinya adalah rumah roti. Roti disini adalah Yesus sendiri. Tuhan inginkan agar para gembala datang ke Betlehem karena ada sesuatu yang Tuhan sudah sediakan bagi mereka. Dan Tuhan mau mereka mengalami hal yang luar biasa di Betlehem.

Ada berkat di Betlehem untuk mereka. Di Betlehem mereka boleh bertemu dengan Yesus yang siap untuk menjadi Juru Selamat mereka dan ini merupakan berkat yang luar biasa yang dialami oleh para gembala. Kita harus alami sesuatu yang luar biasa ketika kita sedang merayakan Natal karena ada berkat rohani yang luar biasa yang sudah Tuhan siapkan untuk kita. Di Natal ini kita harus bangkit karena Yesus sebagai roti hidup itu sudah siapkan hal-hal yang luar biasa untuk kita.

6. Didalam Lukas 2 : 16 pengalaman berjumpa dengan para malaikat itu merupakan pengalaman yang indah dan luar biasa. Para gembala cepat-cepat pergi ke Betlehem dan mereka bertemu dengan Yesus. Rindulah untuk selalu bertemu dengan Yesus secara pribadi karena didalam setiap pertemuan kita denganNya, Ia selalu siapkan hal-hal yang indah untuk kita.

7. Didalam Lukas 2 : 17 dan 19 terdapat kata ”memberitahukan”.

Gereja Tuhan jangan kehilangan Roh seperti ini, yang harus selalu mau memberitahukan tentang pengalaman-pengalaman indah dengan Yesus. Gereja tidak boleh padamkan roh kesaksian yang ada pada gereja pada saat ini. Tetaplah untuk selalu mau menyaksikan akan kebaikan dan kemurahan serta anugrah keselamatan yang Tuhan berikan bagi kita. Sebab itu kita harus punya pengalaman yang luar biasa denganNya sehingga ada yang bisa kita bagikan kepada mereka yang membutuhkan keselamatan dari Yesus Sang Juru Selamat.

8. Didalam Lukas 2 : 14 dan 20 terdapat kata ”memuliakan Allah”.

Diayat 14, para malaikat memuliakan Allah dan diayat yang ke 20, para gembala juga memuliakan Allah. Kembalikan segala pujian dan kemuliaan hanya bagi Dia. Seperti Roma 11 : 36 : ”Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!”.

Segala sesuatu yang kita rencanakan baik yang tidak kita rencanakan bila berjalan dengan baik dan berhasil, biarlah segala kemuliaan kita brikan hanya kepada Dia. Seperti didalam Yesaya 6 : 1, sehingga bukan kita yang tampak tetapi biarlah kemuliaan Allah yang menaungi kita. Sebab itu matikan segala kedagingan kita maka Tuhan akan duduk di hati kita dan siap menyatakan kemuliaanNya kepada kita. Harus ada kekudusan Tuhan yang melingkupi kehidupan kita sehingga Allah siap memberkati kita dengan janji Firman Nya yang boleh tergenapi dalam kehidupan kita.

9. Didalam Lukas 2:11 terdapat kata ”Juru Selamat”.

Bukan hanya kita saja perlu Juru Selamat tetapi dunia juga sangat memerlukan Yesus sebagai Juru Selamat. Bukan hanya roti dan malaikat saja yang dunia butuhkan tetapi yang terlebih utama dari segala-galanya adalah dunia butuh Juru Selamat.

Apa yang tidak pernah pernah kita pikirkan dan kita duga justru Allah sediakan untuk kita yaitu keselamatan dari Yesus yang sudah datang untuk kita. Haleluya!

Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua, AMIN!

Tidak ada komentar: