25 Januari 2008

PEMULIHAN

Ringkasan Khotbah, Minggu, 20 Januari 2008
“PEMULIHAN”
Ayat Pokok : Hosea 6 : 1-3
Oleh : Pdt. Rorimpandey

Pada ayat pokok ada pesan-pesan kenabian(nubuatan) dimana akhir-akhir ini sedang digenapi, yaitu Tuhan sedang melakukan sesuatu bagi gerejaNya. Dimata Tuhan yang dimaksud gereja itu adalah organismenya / orangnya. Gereja Tuhan (umatNya) akan mengalami 3 proses, yaitu :

1. Pada ayat 1 "Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita

.: Terdapat kata menyembuhkan dan membalut yang berarti terjadi PEMULIHAN.

Berbalik artinya kita mau mengarah kepada Tuhan. Bila sebelumnya kita sudah jauh dari Tuhan, dengan kita berbalik maka sama artinya kita bertobat. Setelah kita berbalik maka Tuhan akan memulihkan kita.

Pemulihan pasti akan terjadi karena seperti yang tertera pada Kis 3:21.

Pemulihan artinya kembali pada posisi / rencana / standar semula. Kitab kisah para rasul adalah standar gereja yang mengalami pemulihan (gereja awal) karena dalam Kitab Para Rasul terdapat suatu kegerakan rohani / pemulihan yang luar biasa.

2. Pada ayat 2Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya.

.: Tuhan akan membangkitkan kita setelah kita dipulihkan untuk satu tujuan yang mulia.

3. Pada ayat 3Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."

.: ”Hujan pada akhir musim yang mengairi bumi berbicara tentang tuaian yang besar (banyak orang akan percaya kepada Yesus dan diselamatkan).

Pada akhir zaman ini Tuhan sedang melakukan sesuatu bagi gerejaNya lebih dahsyat dari gereja awal.

Yohanes 14 : 12 - 14Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu ...” Terdapat kata ”sesungguhnya” yang berarti Tuhan itu serius (tidak main-main) dan kata barangsiapa yang artinya tidak ada yang terkecuali. Tuhan akan memakai siapa saja yang percaya dan diberikan otoritas untuk melakukan perkara-perkara yang besar untuk satu tujuan akhir yaitu agar banyak orang yang diselamatkan.

Lukas 13 : 10 - 13 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak. Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh ...”

Kejadian itu terjadi pada hari sabat. Hari sabat adalah hari ketujuh yang berarti adalah hari terakhir. Pada ayat di atas Tuhan melakukan pemulihan pada seorang perempuan. Perempuan tersebut mewakili gereja (umat Tuhan). Perempuan tersebut bungkuk yang berarti ia tidak dapat memandang ke atas. Gereja yang bungkuk tidak dapat memikirkan perkara yang ada di atas (hal-hal rohani dari Tuhan). Perempuan itu bungkuk karena ada roh yang melemahkan.

Hal yang dapat membungkukkan kita: Amsal 12 : 25 Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang …” Dalam Kristus ada kepastian. Karena itu percayalah kepada Tuhan agar kita tidak menjadi bungkuk. Kebungkukkan rohani dapat membuat kita kehilangan visi.

Setelah gereja dipulihkan maka seperti yang tertera pada Mazmur 126 : 1 - 3. Pemulihan itu adalah suatu proses. Pemulihan masih terus berjalan sampai gereja mengalami kesempurnaan (tidak bercela). Oleh karena itu Tuhan tidak ingin melihat ketidaknormalan dalam gereja (Luk 13). Kalau kita bungkuk rohani berarti kita tidak normal dan Tuhan ingin mencabut ketidaknormalan itu dengan suatu pemulihan sehingga gereja bangkit dan muncul seperti fajar yang akan memberkati lingkungan sekitar.

Situasi apapun yang terjadi saat ini sesuai dengan rencana Tuhan untuk membentuk kita untuk suatu pemulihan secara total (roh, jiwa dan tubuh) seperti tertera dalam I Tes 5 : 23Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita”.

Dalam Hosea 6 : 3 mengajak kita untuk mengenal Tuhan. Mengenal disini berarti mengenal Tuhan lebih dalam, sampai seperti hubungan suami istri yang intim secara rohani agar gereja mengandung visi dan melahirkan banyak jiwa-jiwa. Ketika gereja kembali pada kasih mula-mula maka akan ada keintiman dengan Tuhan.

Saat gereja kembali kepada Tuhan, Tuhan akan melakukan pemulihan dalam hidup kita, maka muncul semangat, visi, kekuatan, iman yang baru sehingga kita terbit seperti Fajar. Tuhan dimuliakan melalui hidup kita, banyak orang akan datang kepada Yesus, percaya kepadaNya dan diselamatkan.

Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua, Amin!

Tidak ada komentar: