27 April 2008

HIDUP YANG DIBERKATI

Ringkasan Khotbah Ibadah Ke-2 [Minggu, 13 April 2008]
“HIDUP YANG DIBERKATI”
Ayat pokok : Mazmur 23 : 1 – 6
Pembicara
: Pdt. Harry Sanger (Surabaya)

Dalam ayat pokok tersebut, Pemazmur ingin mengingatkan bahwa Yesus adalah gembala yang baik. Karena Yesus adalah gembala yang baik maka ia akan mencukupi segala kebutuhan kita baik jasmani dan rohani sehingga kita tidak perlu takut dan khawatir dalam menghadapi kehidupan ini. Pada ayat pokok tersebut juga terdapat janji Tuhan bahwa bila kita sebagai umatNya adalah domba-dombaNya Yesus, maka kita tidak akan kekurangan jika kita senantiasa mau dipimpin olehNya. Kita yang ada di dalam Tuhan akan memperoleh :

1. Kebutuhan Jasmani

Dalam Mazmur 6 : 2a, ”Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau”. Bila seekor domba berada di padang yang berumput hijau maka domba tersebut tidak akan pernah merasa kelaparan.

2. Damai

Dalam Mazmur 6 : 2b, ”Ia membimbing aku ke air yang tenang”. Di tengah dunia yang makin menakutkan, Tuhan akan senantiasa membimbing domba-dombaNya ke air yang tenang hingga domba-dombaNya senantiasa memperoleh damai.

3. Pemulihan

Dalam Mazmur 6 : 3a, ”Ia menyegarkan jiwaku”. Daud pernah mengalami tekanan jiwa / stress ketika ia mengandalkan dirinya sendiri sehingga Daud kehilangan semangat dan sukacita. Namun ketika gembala memimpin hidup Daud, Daud mengalami pemulihan sehingga Daud bersemangat dan bersuka cita kembali. Pemulihan yang dialami Daud, dapat dialami oleh kita juga bila Gembala memimpin hidup kita.

4. Pimpinan

Dalam Mazmur 6 : 3b, ”Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya”. Domba mudah sekali tersesat bila ia tidak dalam pimpinan sang penggembala. Begitu juga kita, bila Yesus tidak memimpin hidup kita maka kita akan tersesat dalam mengikuti jalanNya Tuhan. Firman Tuhan adalah Allah (Yohanes 1 : 1). Di tengah dunia yang gelap Firman Tuhan adalah sebagai suluh dan pelita yang akan menerangi jalan kita agar kita tidak tersesat.

5. Keberanian

Dalam Mazmur 6 : 4a, ”Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku”. Dalam hidup kita ini sekalipun kita dipimpin oleh gembala, bukan berarti kita tidak akan menghadapi permasalahan hidup. Namun perbedaannya bila kita dipimpin oleh gembala adalah kita akan berani untuk menghadapi masalah hidup itu.

6. Penghiburan

Dalam Mazmur 6 : 4b, ”gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.” Di dunia ini banyak sekali hiburan-hiburan yang ditawarkan namun hiburan-hiburan yang ditawarkan dunia itu tidak ada yang sempurna. GadaMu berbicara tentang Firman Tuhan. Firman Tuhan akan mampu memecahkan segala persoalan kita. Tongkat berbicara tentang kuasa. Laut Teberau dapat dibelah oleh tongkat di tangan Musa dengan kuasa dari Allah. Bila Yesus memimpin hidup kita maka saat kita sedang berberat hati, gada dan tongkat itulah yang menjadi hiburan sempurna kita.

7. Sukacita

Dalam Mazmur 6 : 5, ”Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.” Minyak berbicara tentang Roh Kudus. Piala berbicara kehidupan orang percaya. Salah satu buah Roh adalah sukacita. Bila Yesus memimpin hidup kita maka Roh Kudus akan memenuhi hidup kita hingga melimpah yang berarti sukacita dalam hidup kita juga akan melimpah.

8. Anugerah

Dalam Mazmur 6 : 6a, ”Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku”. Kebajikan dan kemurahan adalah anugerah Allah. Bila Yesus memimpin hidup kita, berarti anugerah Allah akan senantiasa ada di dalam hidup kita.

9. Tempat kediaman yang kekal

Dalam Mazmur 6 : 6b, ”dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa”. Ayat terakhir ini adalah klimaks berkat Tuhan yang Tuhan janji penuhkan bila Yesus memimpin hidup kita. Tempat kediaman kita di dunia ini hanyalah sementara. Kediaman sepanjang masa itu adalah surga. Bila kita dipimpin oleh Yesus maka Tuhan berjanji, Surga akan diberikan kepada kita.

Saat kita dipimpin oleh Tuhan kita tidak akan mengalami kekurangan karena Tuhan telah berjanji mencukupkan segala sesuatunya baik itu kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Bila Tuhan sudah berjanji maka Tuhan akan memenuhi janjiNya itu. Agar kita tidak kekurangan maka biarlah kehidupan kita senantiasa berada dalam pimpinan Yesus. Tuhan Yesus memberkati!

Tidak ada komentar: