27 April 2008

PENDORONG PERTUMBUHAN GEREJA TUHAN

Ringkasan Khotbah Ibadah Raya [Minggu, 23 Maret 2008]
“PENDORONG PERTUMBUHAN GEREJA TUHAN”
Ayat pokok : Wahyu 11 : 1
Pembicara : Pdt. R. Timotius Kastanya

Kitab Wahyu ditulis oleh Rasul Yohanes setelah ia mendapat penglihatan / wahyu dari Tuhan di pulau Patmos. Dalam penglihatan Yohanes tersebut, Allah memberikan kepada Yohanes sebatang buluh yang mirip tongkat pengukur dan menyuruhnya untuk mengukur :

1. Bait Suci Allah

Bait Suci Allah seringkali diartikan dengan kehidupan anak-anak Tuhan dan bagaimana cara kita beribadah.

2. Mezbah

Bagaimana kehidupan kita, kita taruh di atas mezbah Tuhan. Mezbah ada 2 macam yaitu :

· Mezbah korban

Pada mezbah korban berbicara pengukuran korban kita untuk Tuhan. Korban yang kita berikan untuk Tuhan harus memenuhi standar Firman Tuhan dan atas dasar kasih dan kerelaan.

· Mezbah dupa

Pada mezbah dupa berbicara tentang pengukuran kehidupan doa kita.

3. Orang-orang yang beribadah di Bait Allah

Pengukuran dilakukan untuk bagaimana kesetiaan kita untuk beribadah pada Tuhan. Setiap orang yang telah diselamatkan harus memperhatikan kehidupan beribadahnya dengan sungguh-sungguh karena pengukur itu ditaruh pada kita. Allah telah mempercayakan ukuran yang pas untuk kita. Bila kita tidak memperhatikan kehidupan ibadah kita, maka tidak tertutup kemungkinan ukuran kita akan kurang.

Setelah kita diselamatkan dari neraka yang kekal maka kita termasuk dalam kelompok orang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Kita dapat memperoleh keselamatan dengan cara mengimani kematian dan kebangkitan Yesus untuk kita. Dengan kita diselamatkan berarti kita mengalami kemenangan dan memperoleh satu kehidupan yang baru yang ditandai dengan baptisan air. Dalam kehidupan yang baru maka kebiasaan hidup yang lama hilang. Di kehidupan baru kita, kita harus mengalami penyucian secara terus menerus agar dapat menghasilkan buah. Penyucian yang terus menerus ini adalah oleh Firman Tuhan. Firman Tuhan inilah yang menjadi ukuran hidup kita. Sampai sejauh mana Firman Tuhan dapat bertumbuh dalam kehidupan kita.

Beberapa hal yang mendorong gereja dapat bertumbuh dengan cepat:

1. Kesetiaan

Yang dimaksud dengan kesetiaan adalah kita tidak pernah berpaling walaupun dalam jangka waktu yang lama. Kesetiaan dapat menyebabkan orang memberikan perhatian karena bila kita setia berarti kita dapat menjadi teladan. Selain itu bila kita setia pada Tuhan, maka Tuhan juga akan setia terhadap kita.

2. Pengorbanan

Orang percaya harus rela memberikan korban penderitaan yang sejalan dengan iman mereka. Pengorbanan-pengorbanan ini sering membuat orang percaya akan mengalami kesusahan. Namun orang percaya harus rela menanggung kesusahan tersebut.

3. Keberanian

Keberanian dibutuhkan untuk memberitakan Firman Tuhan walaupun harus menanggung resiko aniaya. Injil yang sudah tertanam dalam diri kita, kita wujudkan dalam bentuk kesaksian. Kesaksian dapat menyebab orang menjadi tertarik pada Tuhan dan dapat membawanya mengenal Yesus. Namun orang yang baru mengenal Yesus harus terus dipupuk agar jangan sampai hilang.

4. Perbuatan-perbuatan lahiriah

Perbuatan-perbuatan lahiriah baik kita harus ditampilkan agar kita dapat menjadi teladan. Contoh perbuatan-perbuatan lahiriah baik adalah memperhatikan sesama.

5. Disiplin

Disipilin selalu dinilai oleh orang-orang. Bila kita disiplin dalam pelayanan dan ibadah maka kita juga dapat menjadi teladan bagi orang lain.

6. Doa

Doa adalah bukti dari orang Kristen. Bila kita orang Kristen maka kita harus mempertahankan kehidupan doa kita setiap waktu.

7. Ketaatan

Bila kita taat maka kita akan siap diutus ke mana saja untuk memberitakan Injil.

Tidak ada komentar: